andi samsul kjbc andi samsul kjbc Author
Title: Ayo matikan semua lampu tanggal 6, lihat taburan bintang di langit
Author: andi samsul kjbc
Rating 5 of 5 Des:
Aurora di langit Norwegia. ©2015 AFP PHOTO/JONATHAN NACKSTRAND KJBCNews. com -  Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (L...
Ayo matikan semua lampu tanggal 6, lihat taburan bintang di langit
Aurora di langit Norwegia. ©2015 AFP PHOTO/JONATHAN NACKSTRAND

KJBCNews.com - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengampanyekan 'Malam Langit Gelap' atau Dark Sky Night, untuk memperingati hari keantariksaan. Untuk merealisasikannya, Thomas mengajak seluruh netizen mematikan lampu sepanjang malam, sekaligus menikmati keindahan langit di malam hari.

Kampanye itu ditulisnya lewat akun Facebook pribadinya, Kamis (4/8). Menurutnya, keindahan langit hanya bisa dilihat dengan mata telanjang jika tidak ada lagi cahaya lampu yang menyala. Di mana Galaksi Bima Sakti dengan berbagai bintang di atasnya bisa terlihat dengan jelas.

Berikut kampanye yang dituliskan Thomas yang diunggah sejak Senin (1/8) lalu:

"Ayo kampanyekan "Malam Langit Gelap" (Dark Sky Night) setiap 6 Agustus pk 20.00 - 21.00 waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia. Tanggal 6 Agustus telah ditetapkan LAPAN sebagai Hari Keantariksaan. Kampanye "Malam Langit Gelap" untuk membangun kesadaran publik pentingnya menyelamat kegelapan malam dari polusi cahaya yang telah menyita 
keindahan langit malam.

Caranya, pada malam itu semua lampu di luar ruangan (sedapat mungkin termasuk lampu jalan) dimatikan. Cukup satu jam saja, pukul 20.0021.00. Saat itu ketika langit mulai gelap total (karena matahari sudah jauh terbenam dan cahaya senja sudah menghilang) dan aktivitas di luar ruangan mulai berkurang, kita matikan semua lampu luar. Kita bersama-sama keluar ruangan untuk menyaksikan langit.

Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan milyar bintang membentang dari Utara ke Selatan. Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit Utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit Selatan kita melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan.

Hampir di atas kepala kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares. Mematikan lampu luar selama satu jam, juga sekaligus mengkampanyekan hemat energi seperti Earth Hour. Pada Sabtu malam, 6 Agustus 2016, saat malam tanpa bulan, kita juga bisa menyaksikan planet merah Mars dan planet bercincin Saturnus besanding dengan bintang raksasa merah Antares."Tertarik?



sumber-merdeka.com

Advertisement

Post a Comment

 
Top